Home »  Gelanggang, Olahraga »  Tim Indonesia mengukir 3 sejarah baru di SEA Games Vietnam

Tim Indonesia mengukir 3 sejarah baru di SEA Games Vietnam

Oleh :  | Senin, 23 Mei 2022  15:34 WIB • 347 views

Jakarta, Katapolos,com -Mengakhiri SEA Games 2021 Vietnam Kontingen Indonesia di peringkat tiga klasemen. Indonesia mengoleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Perolehan tersebut sangat jauh dari tuan rumah Vietnam yang kokoh di puncak dengan 205 emas, 125 perak, 116 perunggu. Posisi kedua ditempati Thailand dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Pencapaian Kontingen Indonesia cukup baik jika dibandingkan hasil SEA Games Filipina lalu yang hanya finis di peringkat keempat. Selain itu,tercipta banyak rekor bahkan sejarah baru bagi tim kontingen dari Indonesia dalam pergelaran SEA Games di Hanoi, Vietnam ini, dan berikut 3 diantaranya

1. Raihan Perak Timnas Futsal Indonesia

Timnas Futsal Indonesia harus puas membawa pulang medali perunggu. Setelah gagal mengalahkan Tim Vietnam dalam pertandingan terakhir membuat harapan timnas Indonesia harus kandas untuk mengakhiri SEA Games dengan emas.

Dengan hasil imbang melawan Thailand pada laga terakhir futsal SEA Games, Indonesia hanya bisa menjangkau medali perak. Meski begitu, bagi tim Futsal Indonesia, medali perak sudah jadi pencapaian yang bagus sekaligus sejarah baru.

Sejak Futsal pertama kali masuk cabang SEA Games pada tahun 2007.Pencapaian terbaik tim futsal Merah-Putih hanya perunggu. Edisi SEA Games kali ini, pertama kalinya menyabet medali perak.

Ini merupakan hasil yang bagus bagi perkembangan tim. Terlebih, Indonesia sempat tidak ingin mengirimkan kontingen di cabang futsal pada pergelaran tahun ini.

2. Tim Basket Indonesia Memutus Dominasi Filipina

Timnas Basket Indonesia Berhasil mengukir sejarah manis dengan berhasil memboyong emas, sekaligus merobohkan dominasi Filipina sebagai unggulan basket ASEAN. Indonesia menang dengan skor 85-81 di laga pamungkas SEA Games 2021.

Perolehan ini merupakan persembahan emas pertama Tim Basket Indonesia sejak pertama kali mengikuti kejuaraan SEA Games pada tahun 1977. Selain meraih juara untuk pertama kalinya, kemenangan ini juga menjadi sangat berkesan karena berhasil mengalahkan tim basket terkuat ASEAN.

Tim Basket Indonesia memutus rantai rekor Filipina yang 13 kali berturut-turut meraih emas di SEA Games. Selama ini tim basket Filipina merupakan tim yang paling sulit dikalahkan sejak 1977 hingga penyelenggara 2019.

3. Perenang Muda Indonesia Boyong Emas

Sejarah baru datang dari cabang renang, perenang putri Indonesia, Masniari Wolf, sukses memboyong medali emas di SEA Games 2021. Pada usianya yang baru menginjak 16 tahun Masniari sukses meraih medali emas pertama dari cabang olahraga renang putri dalam 11 tahun terakhir.

Berlaga di My Dinh Water Sport Palace, Hanoi, Minggu (15/5/2022), Masniari sukses menjadi yang tercepat setelah bertarung di nomor 50 m gaya punggung putri, dengan catatan 29,210 detik.

Sudah cukup lama sejak terakhir kali Indonesia mendapatkan medali emas di ajang SEA Games, khususnya cabang olahraga renang putri. Terakhir kali, ada Yessy Yosaputra menjadi wakil Indonesia terakhir yang mendapat medali emas di nomor 200m gaya punggung putri pada SEA Games 2011. (ADH)
sumber: tvonenews.com

BACA JUGA :

Katapolos.com