Home »  Sepakbola, Timnas Indnesia »  Shin Tae-yong Mendobrak Kutukan 11 Tahun

Shin Tae-yong Mendobrak Kutukan 11 Tahun

Oleh :  | Kamis, 9 Juni 2022  14:40 WIB • 261 views

Katapolos.com – Shin Tae-yong, membuat gebrakan baru di kancah sepakbola Indonesia. Pelatih Tinmas Indonesia asal Korea Selatan itu berhasil menang atas tim Timur Tengah untuk yang pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir.

 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja memetik kemenangan 2-1 atas Kuwait di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Bermain di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu 8 Juni 2022, Timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dulu lewat tandukan Youssef Nasser (40’).

Eksekusi penalti Marc Klok (44’) dan sepakan Rachmat Irianto (47’) kemudian memastikan tiga poin untuk Timnas Indonesia. Sebuah prestasi membanggakan mengingat di atas kertas, Kuwait jauh lebih diunggulkan.

Untuk diketahui, peringkat FIFA Kuwait berada di atas Indonesia. Selain itu, Timnas Indonesia juga berhasil mendobrak kutukan yang sudah bercokol selama 11 tahun.

Selama 11 tahun, Timnas Indonesia belum pernah menang atas tim asal Timur Tengah. Terakhir kali, Timnas Indonesia menang yakni pada 2011.

Masa itu, Timnas Indonesia yang ditukangi Wim Rijsbergen menang 4-1 atas Palestina pada laga FIFA Matchday di Stadion Manahan, Solo. Tim Garuda saat itu berjaya lewat brace Bambang Pamungkas, dan masing-masing sumbangan satu gol dari Cristian Gonzales dan Hariono.

Selanjutnya, dalam 20 pertemuan menghadapi tim Timur Tengah, Timnas Indonsia tidak pernah sekalipun meraih kemenangan. Selain itu, rekor Timnas Indonesia menghadapi tim Timur Tengah juga amat memprihatinkan.

Sebelum menang atas Kuwait, dalam 21 pertemuan, Timnas Indonesia hanya menang sekali, imbang tiga kali, dan sisanya berakhir dengan kekalahan. Perbedaan fisik dan postur tubuh dinilai menjadi penyebab utama mengapa Timnas Indonesia selalu menjadi bulan-bulanan tim Timur Tengah.

Tapi kini, Shin Tae-yong berhasil memutus kutukan tersebut. Timnas Indonesia bermain atraktif saat menghajar Kuwait.

Serangan yang dibangun Timnas Indonesia amat efektif. Meski, eksekusi peluang Ricky Kambuaya dan kolega tidak maksimal sehingga hanya bisa mencetak satu gol dari permainan terbuka.

Terlepas dari hal itu, tiga poin yang dikantongi Timnas Indonesia akan menjadi bekal berharga untuk mewujudkan mimpi lolos ke Piala Asia 2023. Berikutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tim lain dari Timur Tengah, yakni Yordania, pada Minggu 12 Juni 2022 dini hari WIB. (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com