Home »  Gelanggang, Olahraga »  PON XX Papua: Mahyeldi Minta Patriot Olahraga Ranah Minang Tampilkan Keterampilan Terbaik Untuk Sumatera Barat

PON XX Papua: Mahyeldi Minta Patriot Olahraga Ranah Minang Tampilkan Keterampilan Terbaik Untuk Sumatera Barat

Oleh :  | Senin, 27 September 2021  23:29 WIB • 119 views

katapolos (Padang) – Gubernur Sumbar Mahyeldi melepas resmi keberangkatan Patriot Olahraga Ranah Minang ke medan laga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Auditorium Gubernuran pada Senin malam (27/9).

Mahyeldi mengharapkan sebanyak 188 atlet mampu membawa kejayaan Olahraga Sumbar di ajang multi cabor terbesar nasional di tanah Papua, 2 – 15 Oktober 2021.

Dia menekankan fokus saja terhadap pertandingan. Tampilkan keterampilan yang terbaik. Diingatkan oleh Mahyeldi para atlet ke Papua bukan membawa nama daerah sendiri-sendiri, melainkan nama Sumatera Barat.

Dia mengakui meski situasi kini sangat berat dan kondisi sekarang banyak tantangan. Tapi Sumatera Barat masih bisa memberangkatkan sekira 300 orang ke tanah Papua.

“Tantangan berbeda lainnya, perjalanan jauh ke Papua juga harus dilalui kontingen Sumbar,” imbuhnya.

Kepada seluruh stake holder olahraga Sumbar, Mahyeldi juga mengingatkan bahwa ajang PON merupakan kompetisi pertandingan antar manusia. Dan itu memerlukan suasana yang kondusif untuk atlet.

“Atlet hanya fokus ke pertandingan. Jangan bebankan semua hal yang menyusahkan. Segala sesuatunya yang diperlukan atlet harus jadi prioritas utama. Jangan ganggu pikiran mereka. Ketika hadir di sana berikan dukungan penuh,” katanya.

Sebelumnya Ketua Umum KONI Sumbar Agus Suardi melaporkan dari total jumlah atlet yang diangkut ke pesta olahraga terbesar tanah air 2021 ini, sudah ada yang duluan berangkat dan telah berada di Papua.

Hal ini karena PON sekarang berbeda. Mempunyai 4 kluster pertandingan. Di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke.

“Tak ada atlet Sumbar yang “dilapeh ayam”.  Beberapa cabor telah berada di Papua dan menjalani pertandingan. Diantaranya Dayung, Gantole, Panjat Tebing, Sepak Takraw, Cricket, Panahan, Senam. Selain itu cabor-cabor ekshibisi seperti Hapkido, Selancar Ombak, ESport juga sudah di Papua dan melakoni pertandingan,” katanya menguraikan.

Sumbar menargetkan 16 emas di PON XX Papua 2021 sekarang. Di akhir sesi pelepasan, Mahyekdi menyerahkan pataka kepada Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy selaku Chief de Mission di PON XX Papua 2021 (*)

BACA JUGA :

Katapolos.com