Home »  Destinasi, Pariwisata »  Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Berkunjung Ke Candi Borobudur

Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Berkunjung Ke Candi Borobudur

Oleh :  | Kamis, 9 Juni 2022  16:17 WIB • 723 views

Katapolos.com – Candi Borobudur banyak menuai sorotan publik setelah muncul wacana dari pemerintah yang hendak menaikkan harga tiket untuk wisatawan lokal yang berkunjung menjadi sebesar Rp750 ribu.

 

Pemerintah juga menyebut peluang kebijakan untuk membatasi jumlah pengunjung per harinya dengan maksud untuk menjaga bangunan yang juga menjadi Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO itu.

Terlepas dari pro dan kontra wacana kebijakan tersebut, sebagai turis sudah barang tentu bagi kita yang akan berkunjung ke bangunan Candi Buddha terbesar di dunia itu juga bertanggungjawab untuk menjaga kelestariannya. Oleh karena itu, berikut 5 hal yang perlu di ketahui sebelum berkunjung ke Candi Borobudur!

1. Jangan Duduk Apalagi Panjat Stupa dan Patung

Candi Borobudur tersusun dari banyak stupa, relief dan patung yang merupakan simbol dari peninggalan kebudayaan Buddha, bukan hanya sekedar ukiran batu estetik saja.

Maka sudah barang tentu anda sebagai wisatawan harus menghormati dan menjaganya. Salah satu caranya adalah dengan tidak duduk apalagi sampai berdiri bahkan memanjatinya!

Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap warisan budaya, hal itu juga merupakan bentuk pelestarian sekaligus menjaga keselamatan anda karena batu-batu tersebut sudah berusia ratusan tahun sehingga rawan terkikis apalagi sampai pecah.

2. Menjaga Perilaku dan Tindakan

Masih berkaitan dengan upaya melestarikan Borobudur, sebagai wisatawan tentu kita harus menjaga lingkungan candi. Selain menerapkan point pertama, sebaiknya bagi anda yang akan berkunjung untuk selalu menjaga perilaku dan tindakan.

Jangan berkata kasar apalagi kotor, tidak membuang sampah sembarangan dan sebagainya adalah hal yang terlihat sepele, namun sesungguhnya cukup ‘berat’ dilakukan dan akan sangat berarti apabila diterapkan.

3. Pastikan Makan sebelum Berkunjung

Bagi anda wisatawan yang akan berkunjung dan menaiki area Candi Borobudur, pastikan dirimu telah makan. Selain memastikan energi terjaga saat ‘mendaki’ dan berkeliling, pihak pengelola juga melarang pengunjung untuk membawa makanan ke area candi sehingga jika ada makanan yang dibawa akan diamankan sementara.

4. Membawa Payung atau Topi

Area Candi Borobudur yang luas dan berada di ketinggian membuat panas terik tak terhindarkan saat siang hari. Maka jika kamu berkunjung ketika hari cerah, pastikan untuk membawa payung dan atau topi untuk melindungi diri dari sengatan matahari sekaligus menunjang kenyamanan.

5. Update Jam Operasional dan Harga Tiket

Sebelum berkunjung, pastikan juga dirimu untuk update pengetahuan terkait jam operasional dan harga tiket terbaru. Kamu bisa melihat melalui sosial media resmi pengelola Candi Borobudur seperti akun Instagram @borobudurpark untuk mengetahuinya hingga mendapatkan informasi terkini yang mungkin akan berdampak pada aktivitas wisatamu. (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com