Home »  Gelanggang, Internasional, Olahraga »  Perenang Muda Asal Indonesia, Pecahkan Rekor Baru Di Summer Junior Olympics Amerika Serikat

Perenang Muda Asal Indonesia, Pecahkan Rekor Baru Di Summer Junior Olympics Amerika Serikat

Oleh :  | Rabu, 13 Juli 2022  13:41 WIB • 232 views

Fidelya Meisya, perenang muda asal Indonesia sabet sejumlah medali di Summer Junior Olympics Amerika Serikat (Foto: KJRI San Francisco)

 

Katapolos.com – Indonesia kembali menorehkan catatan manis di kancah internasional. Kali ini berasal dari cabang olahraga renang, yang dipertandingkan di Summer Junior Olympics Amerika Serikat. Torehan itu dibuat oleh perenang muda asal Indonesia, Fidelya Meisya Al-Gozaly.

Anak 11 tahun itu berhasil telah mencatatkan rekor baru nasional (rekornas) kelompok usia (KU) IV pada kejuaraan Summer Junior Olympics Amerika Serikat. Kejuaraan itu sendiri dihelat oleh Pacific Swimming di Stadion Baler Aquatic Centre, Hollister, California, 8-10 Juli 2022.

Fidel – sapaan akrabnya, memecahkan rekornas renang nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 01:02.76 detik, sekaligus meraih medali emas di kategori itu. Catatan baru ini mengungguli rekor nasional lama yang diciptakan perenang Luh Made Budiartini Bandem di Yogyakarta pada 26 Oktober 2018 yakni 01:02.83 detik.

Selain mencatatkan rekornas dan menyabet emas 100 meter gaya bebas putri, Fidel juga membukukan banyak best times baru. Ia berhasil memboyong dua medali emas lainnya pada cabang 50 meter dan 100 meter kupu.

Selain itu, Fidel sukses meraih 3 medali perak pada kategori 50 meter dan 200 meter bebas, serta 200 meter gaya ganti (individual medley/IM). Atas catatan rekornas baru itu, Konjen RI di San Francisco, Prasetyo Hadi, mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Fidel.

“Kami turut senang dan bangga atas prestasi warga Indonesia yang mampu bersaing dan unggul dari banyak perenang muda terbaik di Amerika Serikat”, ujar Prasetyo.

Lebih lanjut, Konjen Prasetyo mengemukakan pihaknya terus mengikuti dan mendukung warga Indonesia yang tinggal di San Francisco. Terlebih yang memiliki bakat dan talenta tinggi termasuk bidang olahraga.

“Sebagai bagian dari upaya pembinaan masyarakat, Perwakilan RI terus mendorong dan mendukung peningkatan prestasi anak negeri yang berdomisili di sini.” imbuhnya.

Untuk diketahui, remaja yang sebelumnya tinggal di Depok tersebut pernah menjadi “Perenang Terbaik” (Eksibisi) KU IV pada saat masih umur 10 tahun mewakili Amaraish Swimming Club di Indonesia Open Swimming Championship (IOSC) di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, 9-12 Desember 2021.

Dalam waktu dekat, bersama perenang lainnya yang tergabung dalam All-Star Team, Fidel akan mewakili negara bagian California pada kejuaraan 2022 Western Zone Age Group All-Stars Championship, yang akan diselenggarakan di Elk Grove Aquatic Center, California, 3-6 Agustus mendatang.

Dalam kejuaraan renang bergengsi tahunan itu, Fidel akan bersaing dengan ratusan perenang muda All-Stars lainnya dari beberapa wilayah negara bagian. Di antaranya Pantai Barat Amerika Serikat, termasuk Alaska, Arizona, California, Colorado, Hawai, Idaho, Montana, Nevada, New Mexico, Oregon, Utah, Washington, Wyoming.  (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com