Home »  Bola Dunia, Sepakbola »  Pemain Belanda Berdarah Indonesia Yang Tampil Di Piala Dunia

Pemain Belanda Berdarah Indonesia Yang Tampil Di Piala Dunia

Oleh :  | Rabu, 30 November 2022  14:49 WIB • 1910 views

Giovani van Bronckhorst legenda sepakbola yang memiliki darah Maluku dari ibunya (foto : Footballstar,com)

 

Katapolos.com – Gelaran Piala Dunia sepanjang sejarahnya memiliki banyak keunikan, termasuk adanya pemain asal Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Belanda dan Indonesia memang punya koneksi yang sangat erat berdasarkan sejarah masa lampau. Namun siapa sangka, fenomena tersebut juga terjadi di ranah sepak bola.

Netizen sudah mengenal nama-nama seperti Giovanni van Bronckhorst, Demy de Zeeuw, yang tidak lain tidak bukan adalah legenda Timnas Belanda berdarah Indonesia.

Di sisi lain, ada juga Ragnar Oratmangoen, Jim Croque, Ivan Jenner, dkk – para pemain keturunan yang bermain di Liga Belanda.

Lantas, bagaimana dengan pemain-pemain Belanda keturunan Indonesia yang pernah berpartisipasi di Piala Dunia? Tentu saja ada.

Bahkan, beberapa di antara mereka namanya sudah cukup familier di telinga publik sepak bola. Siapakah mereka?

Giovanni van Bronckhorst

Legenda sepak bola yang satu ini memiliki darah Maluku dari garis keturunan ibu serta neneknya. Sementara itu sang ayah adalah pria blasteran Belanda-Indonesia.

Giovanni van Bronckhorst pernah membela Timnas Belanda di tiga edisi Piala Dunia: 1998, 2006, dan 2010.

Di Piala Dunia 2010, ia dan pasukan Oranje berhasil menembus final namun takluk di tangan Spanyol dengan skor 1-0. Saat ini, Giovanni van Bronckhorst menangani tim Liga Skotlandia, Rangers FC.

Ruud Gullit

Para penggemar AC Milan pasti sudah hapal betul dengan sosok yang satu ini. Salah satu pemain paling berbahaya di Eropa selama berseragam Rossoneri, yang sudah memenangkan banyak gelar bergengsi di Italia.

Ruud Gullit memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Suriname dan beketurunan Maluku. Ia juga saksi hidup terseok-seoknya Timnas Belanda untuk bisa lolos kualifikasi Piala Dunia.

Hingga akhirnya, mereka lolos untuk berpartisipasi di edisi 1990, namun tersingkir di 16 besar setelah ditekuk Jerman Barat dengan skor 2-1.

John Heitinga

Memiliki koneksi Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Belitung, sedangkan sang ayah juga lahir di Jakarta. Ia pernah berpartisipasi di dua edisi Piala Dunia yakni 2006 dan 2010.

Nigel de Jong

Nama terakhir di daftar ini adalah Nigel de Jong yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Maluku. Ia menjadi bagian Timnas Belanda yang bermain di Piala Dunia 2010 dan 2014 (*)

BACA JUGA :

Katapolos.com