Home »  Gelanggang, Olahraga »  Pecahkan Rekor PON, Atlet Lontar Martil Rafika Tambah Perolehan Medali Emas Sumbar

Pecahkan Rekor PON, Atlet Lontar Martil Rafika Tambah Perolehan Medali Emas Sumbar

Oleh :  | Minggu, 10 Oktober 2021  19:24 WIB • 108 views

katapolos (Mimika) – Atlet lontar martil cabang olahraga (cabor) Atletik Sumatera Barat, Rafika Putra, menambah koleksi medali emas kontingen Ranah Minang di PON XX Papua 2021 menjadi 5 keping.

Tangis haru Rafika dan ofisial pecah di lintasan atletik Mimika Sport Complex , Minggu (10/10) usai lontaran martil nya sejauh 54.04 meter tidak bisa dilewati pesaingnya, atlet Riau Denny Putra dengan lontaran terbaik sejauh 52.63 meter dan atlet Bangka Belitung Tri Suhartomo 52.21 meter (Babel)

Hasil tersebut menasbihkan Rafika merebut medali emas. Sedangkan atler Riau Denny Putra meraih medali perak dan atlet Bangka Belitung Tri Suhartomo dengan medali perunggu. .

Tidak hanya memastikan raihan medali emas, lontaran martil Rafika sejauh 54.04 meter memecahkan rekor PON IX Jawa Barat atas nama Ardiansah Apandi dari DKI Jakarta dengan jauh lemparan 52.28 meter. Namun ia belum bisa memecahkan rekor nasional atas nama Dudung Suhendi dengan lemparan sejauh 55.26 meter.

Menariknya, dari enam kesempatan lontaran yang diberikan, lontaran pertama Rafika langsung memecahkan rekor PON 2016. Sementara empat lontaran lainnya gagal keluar dari jaring. Kemudian satu lontaran hanya menghasilkan sejauh 51.84 meter.

Dengan raihan yang didapat Rafika, total sudah dua medali emas yang disumbangkan tim atletik Sumbar pada PON 2021 Papua.

Sebelumnya satu medali emas lainnya disumbangkan atlet Fauma Depra Jumra lewat nomor dasa lomba.

Manajer Tim Atletik Sumbar Editiawarman tak henti mengucapkan rasa syukur atas pencapaian dari Rafika Putra.

“Alhamdulillah target dua medali emas yang dicanangkan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar sudah tercapai, namun kami bertekad bisa “mencuri” medali emas dari nomor lain,” katanya.

Ia mengakui, kekuatan atlet pada nomor lontar martil pada ajang tersebut cukup merata. Selain diikuti lima atlet yang tergabung dalam Pemusatan dan Latihan Nasional (Pelatnas), lontaran seluruh atlet tidak berbeda jauh. Medali emas yang diincar tim PASI Sumbar pada PON XX Papua 2021 itu ada pada nomor lempar cakram, juga atas nama Rafika Putra.

“Mudah-mudahan nomor ini bisa menghasilkan medali emas, mohon dukungan dan doanya,” katanya.

Sampai hari ke-4 cabor atletik, kontingen Sumbar sudah menyelesaikan lima nomor pertandingan. Selanjutnya pada Senin(11/10) atlet Ramadona akan turun pada nomor sapta lomba. Pertandingan itu akan berlangsung selama dua hari. (*)

Berikut hasil final lontar martil putra PON XX Papua:

  1. Rafika Putra 54.05 meter (Sumbar)
  2. Denny Putra Yohanes 52.69 meter (Riau)
  3. Tri Suhartomo 52.21 meter (Babel)
  4. Ardiansyah A 51.62 meter (DKI Jakarta)
  5. Firdan Akbar 50.66 (DKI Jakarta)
  6. Fahri Suryansyah 49.75 meter (Jabar)
  7. Pramoedya Sufallah 49.27 meter (Sumut)
  8. M Zikri Fadilla 46.47 meter (Riau).

BACA JUGA :

Katapolos.com