Home »  Destinasi, Hotel / Apt, Kuliner, MICE, Pariwisata »  Ini cara gunakan fasilitas Genose C19 di Bandara Internasional Minangkabau

Ini cara gunakan fasilitas Genose C19 di Bandara Internasional Minangkabau

Oleh :  | Sabtu, 1 Mei 2021  21:55 WIB • 1659 views
BIM

PADANG PARIAMAN, katapolos – Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman Sumbar akan memberikan layanan tes Genose C19 bagi pengguna jasa angkutan udara melalui bandara tersebut.

Pelayanan ini akan dimulai esok Senin (3/5) untuk calon penumpang pesawat yang akan bertolak dari bandara tersebut.

Penggunaan Genose C19 ini sendiri sudah diatur pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang menyatakan alat pendeteksi covid-19 melalui hembusan nafas atau Genose C19.

Penggunaan Genose C19 sebagai salah satu dokumen untuk melakukan perjalanan mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Humas BIM Fendrick Sondra menjelaskan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penumpang untuk menikmati layanan ini.

Mulai dari menunjukkan tiket pesawat yang sesuai dengan data pribadi dan sejumlah dokumen lain yang dibutuhkan untuk terbang di masa pandemi.

Selain itu persyaratan khusus tidsk boleh makan atau minum minimal setengah jam sebelum tes.

Calon penumpang juga tidak boleh merokok 30 menit sebelum melakukan tes Genose C19.

Selanjutnya sebelum tes penumpang juga tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang beraroma kuat seperti jengkol, petai, kopi, hingga teh.

Penumpang juga tidak boleh memakai wangi-wangian, parfum, dan minyak telon sebelum pemeriksaan karena hal-hal yang berbau akan mempengaruhi hasil tes.

Calon penumpang harus berada di bandara dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

Bandara Internasional Minangkabau akan mengoperasikan Layanan Genose C19  mulai dari puku 06.00-11.00 WIB di bulan Ramadhan.

Pihaknya menyiapkan 300 kantong sample pemeriksaan Genose C19 setiap hari dan setiap penumpang yang melakukan tes GeNose dipungut biaya sebesar Rp 40 ribu.

Hasil Genose dapat diketahui untuk per orang 10 sampai 15 menit.

Selain layanan Genose, sebelumnya BIM telah memiliki fasilitas pemeriksaan kesehatan sebagai syarat untuk menggunakan jasa angkutan udara.

Mulai dari layanan rapid antigen dengan biaya Rp200 ribu, rapid antibodi Rp145 ribu.(004)

BACA JUGA :

Katapolos.com