Home »  Olahraga, Sepakbola »  Catatan Tinta Emas Azwar Anas Pimpin PSSI

Catatan Tinta Emas Azwar Anas Pimpin PSSI

Oleh :  | Jumat, 24 Juni 2022  17:49 WIB • 440 views

Katapolos.com – Selama menjabat Ketua Umum PSSI periode 1991-1999, sepak terjang Azwar Anas banyak menorehkan tinta emas.

 

 

Juara SEA Games tahun 1991 menjadi salah satu tinta emas di era Azwar Anas. Bahkan catatan tersebut saat ini sangat sulit untuk diulangi kembali.

Cerita indah tahun 1991 itu didapatkan saat tim merah putih mampu mengalahkan Thailand di partai puncak yang di gelar di Jakarta. Skor 1-0 kala itu cukup membuat ribuan orang Indonesia berpesta semalam suntuk dan membayar lunas kegagalan yang sering dialami tim Garuda.

Selama masa jabatannya, Indonesia tampil pertama kali di Piala Asia pada 1996, mencapai peringkat tertinggi FIFA di ranking 76, dan lahirnya Liga Indonesia yang merupakan peleburan kompetisi Perserikatan dengan Galatama.

Azwar Anas melakukan terobosan dengan menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan pada tahun 1995. Kompetisi model baru, Liga Indonesia, jadi fondasi awal kompetisi profesional Tanah Air.

Di sisi lain ia mencanangkan proyek mercusuar pelatnas jangka panjang di Italia. Benua Biru menjadi jalan pintas yang dipilih oleh Azwar Anas majukan sepak bola Indonesia. Bekerja sama dengan klub Sampdoria, Bima Sakti dan kawan-kawan menimba ilmu di Italia. Untuk mengikuti kompetisi junior Primavera (1993-1994) dan Baretti (1995-1996).

Dari program ini mencuat nama-nama beken seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti, dan Kurnia Sandy.

Bahkan Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandy sempat meniti karier sepak bola di Eropa. Pemain yang juga berlatih di sana juga bersinar setelah pulang.

Sebagai seorang pemimpin kiprah Azwar Anas bisa dikatakan luar biasa lantaran mampu dongkrak Timnas. Semoga efek baik kepemimpinannya ke depan dapat berlanjut dan sirami prestasi Timnas yang kering. (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com