Home »  Sepakbola »  AFF Bakal Rugi Besar Jika Indonesia Keluar, Berikut Alasannya

AFF Bakal Rugi Besar Jika Indonesia Keluar, Berikut Alasannya

Oleh :  | Senin, 11 Juli 2022  17:11 WIB • 142 views

Pesepakbola Timnas Indonesia U-19, Zanadin Fariz (tengah) menangis usai timnya tersingkir di fase grup Piala AFF U-19 2022 (Foto Antara)

 

Katapolos.com – Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) diprotes suporter Indonesia menyusul kegagalan Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal. Sebagaimana diketahui, tim asuhan Shin Tae-yong adalah tim yang paling produktif dengan mengemas 17 gol dari lima pertandingan di ajang tersebut.

Situasi seperti ini membuat  netizen mendesak Indonesia untuk keluar dari keanggotaan AFF karena merasa dicurangi di Piala AFF U-19 2022.

Skuad Garuda Muda gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena penggunaan sistem head to head alih-alih produktivitas gol.

Indonesia, Vietnam dan Thailand sebenarnya sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A. Tetapi, Vietnam dan Thailand berhak lolos karena bermain imbang 1-1 pada laga pamungkas.

Sementara itu, Indonesia hanya mampu bermain tanpa gol saat berjumpa Vietnam di laga pertama dan Thailand di laga ketiga. Karena hasil ini, Indonesia dianggap kalah secara head to head dari kedua kontestan tersebut.

Buntutnya, netizen merasa geram dan mencak-mencak di media sosial. Banyak sekali desakan yang meminta Indonesia untuk keluar dari AFF.

Berikut tiga kerugian bagi AFF apabila Indonesia memutuskan untuk keluar dari keanggotaannya.

1. Event Sepi karena Indonesia Punya Banyak Suporter

Turnamen-turnamen yang diselenggarakan di bawah naungan AFF akan sepi peminat karena Indonesia memiliki suporter yang fanatik.

Fanatisme itu tak hanya ditunjukkan di stadion, tetapi juga dari layar kaca dan media sosial. Ini tentu saja menambah nilai plus bagi turnamen AFF karena meningkatkan daya jualnya.

Apabila keluar dari AFF, maka dampaknya adalah Indonesia tak ikut serta turnamen tersebut dan akhirnya event-event tersebut jadi sepi peminat.

Hal ini dapat mempengaruhi rating siaran pertandingan AFF, serta engagement alias jangkauan di media sosial.

2. Kehilangan Anggota yang Punya Banyak Stadion Berkualitas

Salah satu keuntungan bagi AFF memiliki Indonesia sebagai salah satu anggotanya ialah tersedianya stadion berkualitas yang bisa menjadi venue pertandingan atau turnamen.

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia termasuk salah satu anggota yang punya stadion berkualitas yang layak untuk menggelar laga-laga internasional.

Beberapa stadion di antaranya bahkan sudah lolos verifikasi FIFA untuk digunakan sebagai venue gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

3. Kejuaraan Piala AFF Tak Menarik Lagi

Kejuaraan yang berlangsung di bawah naungan AFF juga bisa kehilangan nilainya tanpa keikutsertaan timnas Indonesia.

Salah satu hal yang menarik dari AFF memang Indonesia yang punya dukungan luar biasa. Kualitas timnas Indonesia juga bisa menyaingi Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Apabila Indonesia keluar dari AFF, maka tim-tim tersebut akan kehilangan lawan yang tangguh untuk dihadapi. Hal ini jelas mengurangi nilai kompetitif dari ajang-ajang yang berlangsung di bawah AFF. (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com