Home »  Sepakbola, Timnas Indnesia »  5 Fakta Nabil Asyura, ‘Urang Awak’ Pencetak Hattrick Timnas Indonesia U-16 Versus Singapura

5 Fakta Nabil Asyura, ‘Urang Awak’ Pencetak Hattrick Timnas Indonesia U-16 Versus Singapura

Oleh :  | Kamis, 4 Agustus 2022  13:45 WIB • 118 views

  Muhammad Nabil Asyura Pemain Timnas Indonesia U16 Cetak Hattrick ke Gawang Singapura (foto : Instagram @pssi)

Katapolos.com – Timnas Indonesia U-16 pesta gol ke gawang Singapura pada laga keduanya di grup A Piala AFF U-16 2022. Laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman berakhir dengan skor 0-9, Rabu (03/08/2022) malam.

Kemenangan besar Timnas Indonesia U-16 tidak lepas dari penampilan ‘rancak’ Muhammad Nabil Asyura. Mantan pemain Gasliko Lima Puluh Kota tersebut mencetak hattrick ke gawang Singapura.

Nabil merobek jaring gawang Singapura pada menit 2′, 17, dan 29′. Berkat tiga golnya, Timnas Indonesia U-16 mampu unggul 0-6 pada babak pertama.

Beliau memang sudah menunjukkan ketajamannya sebelum membela Timnas Indonesia U-16. Dia pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada turnamen kelompok usia.

 

Berikut 5 fakta mengenai Muhammad Nabil Asyura. 

Asal Lima Puluh Kota

Muhammad Nabil Asyura merupakan pemain asal Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Putra dari pasangan Bismianto dan Martaliza tersebut menimba ilmu sepak bola di SSB Arafah Payakumbuh.

Nabil kemudian bergabung dengan Gasliko, klub asal Lima Puluh Kota yang berkompetisi di Liga 3 Sumatera Barat. Bersama klub tersebut, ia juga tampil di Piala Soeratin U-15 Sumbar.

Top Skor Piala Soeratin U-15

Setelah dari Gasliko, Nabil melanjutkan kiprahnya bersama PSP Padang. Ketajaman Nabil mulai terlibat ketika tampil di Soeratin U-15 2021/2022 dengan menjadi top skor.

Nabil menciptakan 9 gol pada turnamen tersebut. Ia juga berhasil mengantarkan PSP Padang U-15 menjadi juara ketiga tingkat nasional.

Jebolan PPLP Sumbar

Nabil menempa ilmu PPLP Sumatera Barat. Penampilan mentereng di Piala Soeratin U-15 yang membuatnya bisa menembus PPLP Sumbar.

Namun, Nabil bukanlah satu-satunya jebolan PPLP Sumbar yang membela Timnas Indonesia U-16. Ikram Algiffari juga terpilih untuk memperkuat Timnas U-16.

Debut Lawan Filipina

Menjalani debut pertamanya melawan Filipina pada Piala AFF U-16 2022. Nabil langsung dipasang sebagai starter dalam laga yang dihelat 31 Juli 2022 tersebut.

Sayangnya, dia belum mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-16. Namun, Garuda Asia mampu mengalahkan Filipina 2-0.

Pencetak Hattrick Pertama

Berkat tiga golnya ke gawang Singapura, Nabil menjadi pemain paling produktif Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Bahkan, Nabil menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick pada ajang tersebut. Dia juga menbuat Skuad Garuda meraih kemenangan tanpa balas di Piala AFF U-16 2022. (ADH)

BACA JUGA :

Katapolos.com